Menulis Dengan Nyaman

Mari Menguasai Materi

Isyarat Sederhana ditulis anak usia 15 tahun dan memenangkan lomba Fire Escape Short Story Contest. Amrapali adalah anak keturunan India yang tinggal di Amerika. Jadi sangat terlihat tema cerpen yang ditulisnya tersebut dipengaruhi dua budaya, India-Amerika.

Kisah ini sangat singkat, lebih pendek dari cerpen Hobnail. Tapi apa yang terjadi dalam rentang waktu tersebut sudah menghasilkan sebuah kisah indah. Penulis dengan luwesnya menggambarkan seorang nenek India beserta budayanya; mengipas-ipas dengan ujung kain, dua bocah yang mengintip hingga pengucapan Hello yang seperti Jell-o. Begitupun dengan kebiasaan seorang ibu Amerika yang sibuk dengan bertelpon-ria, yang tidak menyadari ada seseorang di pintu rumahnya.

“Kalau kamu tidak punya waktu untuk membaca, maka kamu tidak punya waktu untuk menulis. Semudah itu.” Stephen King.

Penulis sepertinya nyaman dengan apa yang ditulisnya. Bertemunya dua budaya, India dan Amerika, menjadi tema yang menarik untuk ditulis.

Menguasai materi atau tema yang akan kita tulis sangat penting meskipun itu dalam menulis fiksi. Hal ini akan membuat kita nyaman dan sangat antusias untuk menulisnya hingga akhir cerita. Seperti JK. Rowling yang paham betul tentang Harry Potter; dimulai dari lingkungan perumahan London sampai petualangan di dunia sihir. Dia mengenal Harry Potter seolah pernah bertemu langsung, menggambarkan Quidditch seperti pernah menyaksikan pertandingannya di Hogwarts. Tentu apa yang dihasilkan JK. Rowling telah melalui proses yang panjang dan melelahkan.

 

LATIHAN

Ada sesuatu yang ingin kamu bagi kepada teman kamu, entah itu cerita tentang pekerjaan, sekolah, khayalan kamu atau apapun yang memang benar-benar ingin kamu ceritakan. Tulislah selama lima belas menit, dan lihatlah hasilnya.

 

Tagged as:

Author: Ali Reza

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.