Yuk, Ngobrolin Cerpen

Tips dan Trik Menulis Cerpen

Kalau saya ditanya, “Apa itu cerpen?” Mungkin saya akan menjawab cerpen itu cerita yang selesai dibaca dalam waktu singkat, bisa dibaca sambil menunggu kereta api atau mengantri di ATM. 

Akan tetapi, jawaban itu bisa berubah tatkala kita membaca cerpen-cerpen karya Stephen King yang bisa mencapai lebih dari dua puluh halaman; begitu juga dengan cerpen karya Jhumpa Lahiri maupun Annie Proulx, yang membacanya bisa memakan waktu lebih dari setengah jam.

Jadi, apakah karya-karya tersebut bisa dibilang cerpen?

Mungkin pandangan orang pada kriteria jumlah halaman cerpen berbeda, seperti halnya kita bergerak menuju suatu tempat. Bagi sebagian orang perjalanan itu terasa singkat dengan menggunakan mobil, namun bagi yang lain terasa sangat jauh karena berjalan kaki.

Namun sayangnya, di sini kita tidak akan berdebat mengenai jumlah halaman cerpen atau perbedaan antara cerpen dan novel. Kita akan fokus pada cerpen yang benar-benar pendek, yang menceritakan satu waktu kejadian dengan tokoh yang sangat sedikit.

 

LATIHAN

Sebelum kita menyelam lebih dalam, mari kita baca salah satu cerpen favorit saya berjudul Hobnail karya Crystal Arbogast yang diterjemahkan dengan sangat baik oleh Harum Wibowo.

Klik di sini untuk membaca.

Tagged as:

Author: Ali Reza

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.